GAPURA CINTA NEGERI HUT RI 74

Pada tanggal 14 Agustus 2019 tepatnya di Desa Soditan RT 05 RW 03, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawatengah. Saya mengunjungi dan sempat pentas di acara tasyakuran Desa Soditan RT 05 RW 03, Kecamatan Lasem yang telah memenangkan sebuah ajang bergengsi, yakni dalam ajang lomba Gapura Cinta Negeri tingkat Nasional yang mendapatkan peringkat 3 dari sekian banyaknya peserta.

Gapura Cinta Negeri HUT RI 74 Waktu Siang Hari Atau Sore Hari
(Fotografer By Suhadi S.Pd.


Saat Malam Hari
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)
Gapura ini didesign sesuai pendapat dan ide dari Bapak Nurrohman yang akhirnya dibuat dan dibangun oleh warga RT 05 dengan cara bergotong-royong ini ternyata sangatlah membuahkan hasil yang sangat menyenangkan.

Gapura Cinta Negeri ini menggunakan tema yang sangat unik yakni menggunakan tema dengan ciri khas orang Lasem, Kabupaten Rembang itu sendiri. Dimana ciri khas orang lasem yang terdiri dari para santri, alim, ulama  ( yang dilambangkan dengan tulisan surah Al-Fatihah sebagai atapnya) dan penduduk Tiong Hoa (yang berlambangkan rumah berwarna merah dan tulisan berpola seperti tulisan cina) yang dimana saling guyub rukun dan damai dalam satu desa bahkan satu kota yang disebut Kota Lasem. Ada juga kebiasaan orang Lasem yakni dimana mereka suka sekali dengan kegiatan "Ngopi bareng dan Ngelelet di sebatang rokok" yang dimana menjadi sebuah ikon cangkir miring dan kopi tumpah di sudut gapura. Adapula ikon Batik Tulis Lasem yang menggambarkan kearifan lokal Kota Lasem.

Dan fungsi gapura sebisa mungkin menjadi penanda identitas ekonomi kreatif masyarakat setempat. Sehingga keberadaan gapura diharapkan mampu menjadi media harmonisasi sosial yang mensejahterakan.



Arsip Foto Pembuatan Gapura
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)
Ini adalah papan cerita pembuatan mulai dari bongkar hingga renovasi ulang yang diberi nama oleh pemuda desa dengan nama "Cerita Cinta Gapura 2019". disini kita tahu bahwa tanpa adanya kerja sama dan gotong royong tak mungkin jadi dan memenangkan lomba tingkat nasional.






Arsip Foto Di Istana Negara RI
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)
Ini adalah kumpulan foto bersama di Istana Negara RI bersama Menteri dan Bapak Presiden RI ke-7 dan pemberian piagam serta piala atas kemenangan Gapura Cinta Negeri Desa Soditan RT 05 RW 03, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. 






(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)

Ini adalah piala yang yang diberikan oleh Bapak Joko Widodo selaku Presiden RI ke-7.  Tak hanya sebuah piala saja namun Pemuda RT 05 juga mendapatkan sebuah piagam dan uang sebesar 50 juta rupiah.

Dana tersebut digunakan untuk  pengembangan dan penataan wilayah Desa Soditan khususnya RT 05 yang secara bertahap akan membentuk Desa Destinasi Soditan yakni Desa Hidroponik Religi RT 05 RW 03 Soditan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Dalam acara penerimaan piagam dan piala tersebut Nur Rahman sang pencetus ide berpendapat,  konsep gapura tidak harus selalu mahal. Nurohman menekankan keberadaan gapura harus mampu menjadi penguat identitas sosial yang membanggakan masyarakat.





Acara tasyakuran yang berlangsung di depan Gapura Cinta Negeri ini yang berlangsung sejak pukul 18.00 WIB sampai dengan selesai yang banyak menyita perhatian. Acara ini banyak menampilkan pertunjukan yang unik-unik seperti menari, menyanyi, dan melukis. Meskipun dalam pemestasan ini semuanya tidak bayaran alias gratis namun acara ini berjalan dengan sangat enjoy dan tenang.

Tari Gambyong
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)

Tari Gambyong yang di mainkan oleh 3 orang pemuda RT 05 ini menjadi pertunjukan pertama pembukaan acara dalam malam itu. Dengan keluesan dan keanggungan yang dimiliki 3 penari ini sangat lah apik dalm membawa dan menarikan tarian tersebut di depan warga Desa Soditan.

Tari Lilin
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)
Setelah penampilan Tari Gambyong dilanjutkan dengan penampilan Tari Lilin yang di maikan oleh adik-adik RT 05 dengan penuh keceriaan dan keanggunan saat menari.









Mas Andre Ketua Pemuda dan Soditan Hidroponik Religi
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)

Dalam sambutan yang pertama Mas Andre selaku Ketua Hidroponik Religi dan Pengambangan Pemuda Desa Soditan, mengucapkan terimakasih kepada warga Desa Soditan yang telah hadir dan menyaksikan acara ini.

Acara ini disponsori oleh Butik Najma , Grebek Kanvas Suket Teki, Keroncong Gedongmulyo dll. Hadiah 50 Juta Rupiah untuk pengembangan dan penataan wilayah desa Destinasi Soditan dan Soditan Hidroponik Religi di RT 05 tersebut, Tutur Mas Andre.


Ketua RT 05
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)

Beliau berpesan saat berpidato supaya di desa ini  dapat semakin berkembang baik dalam segi Sumber Daya Manusia yang khususnya anak muda dan Faktor perduli dalam pemeliharaan dan pengembangan destinasi wisata di Kota Lasem ini.






Bapak Nanang Perwakilan Dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)

Dalam Sambutan malam itu, beliau berharap muncul destinasi yang baru karen sangat luar biasa dalam membuat ide yang sangat cemerlang dan mampu memiliki potensi yang sangat baik. Oleh karena itu obyek yang lain termasuk destinasi Kota Lasem harus wajib dilestarikan dan dijaga sehingga dapat dibuat menjadi paket wisata.

Tak samapai disitu saja, beliau juga mengajarkan 3A. Yaitu Attraction, Amenities, dan Access.  Dalam curhatannya pula beliau juga sangat senang bisa datang dan menyaksikan kekreatifan anak-anak muda Desa Soditan. Karena beliau pada era 80an dia sudah merasakan keramahan dan kenyamanan disaat dia pernah bermain dan menginap di Desa Soditan Kala itu.


Bapak Rohmat Selaku Modin Desa Soditan
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)

Dalam sambutannya beliau juga berterimakasih atas partisipasi dan kerja keras para pemuda dan penduduk Soditan khususnya RT 05 RW 03 dalam pengemabngan Desa Soditan ini.

Setelah berpidato beliau mengajak para warga yang menonton untuk berdoa bersama.





Hiburan
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)

Acara yang terakhir adalah hiburan yang diisi oleh penampilan Akustik dari anak-anak RT 05 dan di selingi oleh penampilan On The Spot  atau penampilan secara langsung melukis dikanvas oleh salah satu personil Grebek Kanvas Suket Teki. Dan tidak lupa pula penampilan Keroncong yang berpersonil dari Desa Gedongmulyo, Kecamatan Lasem, Lalu penampilan Akustik dari personil saya sendiri.

Terimakasih Bapak Nurrohman, Bapak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten rembang, Bapak Joko widodo selaku Presiden RI ke-7, Bapak Camat Lasem, Bapak RT 05 RW 03, dan para Pemuda Desa Soditan dan Pemuda RT 05 RW 03 atas semua karya untuk Kota Lasem. Semoga selalu terjaga kehidupan yang toleran.



PENULIS           : Mochammad Satrio Pratama, Siswa SMA Negeri 1 Pamotan.
FOTOGRAFER : Mochammad Satrio Pratama, Siswa SMA Negeri 1 Pamotan.
EDITOR             : Mochammad Satrio Pratama, Siswa SMA Negeri 1 Pamotan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Kehidupan Desa Pranti

KEHIDUPAN MASYARAKAT NELAYAN KABUPATEN REMBANG